PROFIL DINAS

PENCARIAN BERITA

PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN

11

November
Peninjauan Produk Hukum
Ruang Rapat DPRD Kab. Batang Hari
13

November
Penetapan UU tentang Lingkungan Hidup
Ruang Rapat DPRD Kab. Batang Hari
19

November
Anggaran Belanja Daerah
Pelataran Aula Kantor Bupati Batang Hari

POLLING DISDIKBUD

    Bagaimana pendapat Anda atas informasi yang kami berikan melalui website ini ?

    Kurang Lengkap
    Lengkap
    Tidak Tahu

    Lihat Hasil Poling
Percepat Visi Misi Pendidikan, Pemkab Batang Hari Apresiasi Pendampingan oleh Fasilitator Daerah Pro
Diposting Oleh Disdikbud Kab. Batang Hari | Berita Umum | Kamis, 14 Maret 2019 - 08:49:03 WIB

Batang Hari Jambi – Tindak lanjut pelatihan manajemen dan pembelajaran serta budaya baca di Batang Hari, sejumlah sekolah dan madrasah dilakukan proses pendampingan. Pendekatan yang digunakan dalam pendampingan ini adalah plan (perencanaan), do (pelaksanaan), see (refleksi).

 

Beberapa fasilitator daerah Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Batang Hari sudah melakukan pendampingan di sekolah dan madrasah mitra.

 

Pemerintah Kabupaten Batang Hari, melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batang Hari, Dra. Jamilah, mengapresiasi proses pelaksanaan pendampingan tersebut, ”Pelatihan yang bagus adalah adanya tindak lanjut pendampingannya, sehingga peserta pelatihan tidak dilepas begitu saja,” ujarnya.

 

Jamilah menambahkan, bahwa pemkab mengapresiasi atas kesungguhan Tanoto Foundation membantu mempercepat kemajuan pendidikan di Batang Hari, ”Pendampingan yang dilakukan oleh para fasda ini, saya apresiasi betul, fasda dan guru serta kepala sekolah bisa sama-sama saling memberikan support untuk memajukan sekolah,” tambahnya.

 

Darmawijaya Nur, salah seorang fasilitator bidang manajemen yang mendampingi beberapa kepala sekolah dalam merencanakan kegiatan sekolah, seperti dukungan pembelajaran kepada guru.

 

”Saya mendampingi di SMPN 7 Batang Hari, antusiasme kepala sekolah dalam menjalankan program sangat bagus, karena pendekatan kita dalam mendampingi adalah sebagai mitra, bukan selaku supervisor,” ungkapnya, Jum’at, (8/3/2019).

 

Darmawijaya menambahkan, dukungan kepala sekolah sangat penting untuk kemajuan sekolah secara bersama-sama.

 

”Dukungan kepala sekolah mutlak dibutuhkan untuk kemajuan pendidikan,” tambahnya.

 

Selain manajemen, beberapa fasda yang lain mendampingi di bidang pembelajaran, seperti yang dilakukan Metty Hartina yang mendampingi di SMPN 3 dan 21 Batang Hari.

”Siklus pertama sudah dalam proses Plan atau merencanakan dengan peserta sudah dilakukan, tinggal do atau pelaksanaan,” ujarnya.

 

Pepi Mayasari, mengaku senang dengan proses pendampingan ini, karena selain berbagi, dirinya juga belajar kembali, “Ada banyak manfaat dalam kegiatan ini, selain bersilaturahmi dirinya juga mendapatkan kesempatan untuk belajar lagi, melalui pendampingan plan do see,” ujar Pepi panggilan akrabnya, Jum’at, (8/9/2019).

 

Pepi mendampingi di kelas 8.4 SMPN 3 Batang Hari, “peserta sangat antusias dalam mengikuti proses pendampingan ini,” tambahnya.

 

Selain di SMP, program Tanoto Foundation juga mendampingi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Batang Hari, seperti yang dilakukan oleh Hedly Nasir ketika mendampingi SDN 93/1 lopak aur Kec. Pemayung,

 

”Guru yang saya dampingi sangat antusias, mereka merencanakan apa yang akan dilakukan pada saat do (pelaksanaan) nanti,” ujar Hedly.

 

Selain Hedly, Nurkisma, fasda MBS juga mendampingi MI At-Thohiriyah Muara Bulian, ”Madrasah sudah mulai berkembang, apalagi sejak bergabung dengan Tanoto Foundation, merekan menunggu kedatangan kami selaku tim fasda,” tukas Nurkisma.